Featured Posts

Rabu, Desember 24, 2008

Barcode ?? Memudahkan Toko Bertansaksi

Barcode Scanner Memudahkan
Toko Bertransaksi
(request dari Iyan)


Barcode...sebelum kita menggunakannya sebaiknya kita tau dulu apa dan bagaimana cara kerjanya. Supaya kita bisa mengaplikasikannya disetiap project yang kita buat. Silahkan baca dulu artikel dibawah ini :

Barcode merupakan tatacara yang bekerja asas kerja digital, jadi cuma mengerti 1 = Hidup dan 0 = Mati, Barcode bekerja sesuai dengan garis2 batang berwarna hitam dan putih. Warna hitam mewakili bilangan 0 dan warna putih mewakili bilangan 1.
Harusnya muncul pertanyaan, kenapa bisa gitu ??? Begini penjelasannya,..warna hitam menyerap cahaya yang dipancarkan oleh scanner barcode. Sedang putih kebalikannya yaitu memantulkannya kembali.
Selanjutnya ada batang garis yang tebal dan batang garis yang tipis.... nah itulah yang menggambarkan nilai. Oleh karena itu batang garis haruslah tidak boleh cacat, tergores apalagi rusak, batang garis itu yang akan diterjemahkan oleh scanner sebagai angka. :(( Itulah sebabnya printer barcode harus dengan resolusi 300 dpi.

Mengapa Butuh Barcode ???
Bisa dibayangkan jika toko swalayan harus menginput 1 / 1 barang sementara konsumennya sudah mengantri ??? padahal ada toko yang menerapkan kode PLUnya 13 digit, bisa2 para teller pada teler :) karena harus menginput angka yang begitu banyak. Coba dech perhatikan !! pegawai toko mendekatkan scanner dibarang yang mau dibeli, dan kemudian menginput jumlah yang ingin dibeli, kemudian menggunakan scannernya lagi untuk barang yang berikutnya dst.

Siapa yang Butuh Barcode ??
1. Toko Swalayan
2. Apotik
3. Sekolah / Kampus
4. Kantor
5. Rumah Sakit,dll
Atau lembaga lain yang terdiri dari banyak item, dan butuh kecepatan dan keakuratan dalam menginput itemnya.

Ada 2 jenis interface scanner barcode :
(1) Ada yang berbentuk Serial seperti Keyboard, karena memang dipasang diport keyboard
(2) Ada juga yang menggunakan RS232, bisa digunakan untuk modem external

Kita juga perlu software perantara / driver untuk scanner barcode yaitu software wedge. Fungsi wedge untuk menterjemahkan hasil scanner menjadi

Prinsip Kerja Barcode Scanner
Barcode Scanner adalah pengganti keyboard, setelah software dibuat rapi (tanpa bug). Barcode scanner hanya pengganti keyboard. Sudah pasti barcode scanner harus diinstall dulu.

Untuk lebih jelasnya, silahkan klik baca forum barcode
Atau mau utak atik codenya, silahkan klik
http://planet-source-code.com
masukkan kata kunci "barcode" dan bahasa pemrogrammanya.
Mudah2an cukup membantu, selamat mencoba.

Special Thanks : Yogyafree.net


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Barcode ?? Memudahkan Toko Bertansaksi"

Posting Komentar